Kamis, 23 Februari 2017


TEKNOLOGI INFORMASI DIBIDANG TRANSPORTASI


       Transportasi adalah pemindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah wahan yang digerakkan manusia atau mesin. Transportasi digunakan untuk memudahkan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Peran Teknologi Informasi di Bidang Transportasi
     Terdapat tiga macam transportasi yang digunakan manusia saat ini, yaitu transportasi laun, darat dan udara. Semua kegiatan bidang transportasi tersebut tidak lepas dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. 
       Pada transportasi darat di kota-kota besar dunia, sistem komputer digunakan untuk membantu mengarahkan lalu lintas. Komputer dapat menentukan apakah lampu harus berwarna merah, kuning, atau hijau tergantung pada keadaan lalu lintas. Demikian juga pengaturan lalu lintas kereta untuk menentukan jalur yang harus dilalui kereta sehingga mengurangi resiko kecelakaan.
       Sistem navigasi kapal but sangat terbantu oleh adanya komputer dan satelit navigasi sehingga arah dan tujuan kapal dapat ditentukan secara tepat.
Seperti halnya transportasi laut, transportasi udara sangat membutuhkan bantuan sistem komputer.
       Sistem komputer yang ada di ruang pilot digunakan untuk mengendalikan pesawat. Mulai dari lepas landas, saat terbang, sampai saat pendaratan. Dengan sistem komputer, pilot dapat mengatur kendali pesawat, menentukan posisi pesawat, menghitung ketinggian, mengatur kecepatan, mengetahui bahan bakar, bahkan mendeteksi secara dini keadaan cuaca yang dapat membahayakan pesawat terbang.Demikian juga sistem komputer yang ada di bandara berfungsi untuk membantu sebuah pesawat ketika akan melakukan lepas landas sampai pada pendaratan.
        Hal yang menjadi impian bagi manusia sekarang ini adalah perjalanan ruang angkasa antarplanet. Meski masih jauh dari kenyataan, tetapi berbagai percobaan sudah dilakukan dengan dilakukannya misi penerbangan ke bulan dan penerbangan tanpa awak ke planet Mars. Semua itu dapat dilakukan dengan bantuan sistem komputer.

       Intelligent Transportation Systems (ITS) teknologi mempunyai alat yang signifikan untuk meningkatkan efisiensi serta keselamatan transportasi. ITS memakai berbagai teknologi maju dan aplikasi guna meningkatkan keselamatan dalam transportasi, menyediakan informasi perjalanan ke pengguna sistem agar lebih efektif mengelola sistem transportasi.

The Oregon ITS Rencana Strategis: 1997-2017 mengatakan tujuan ITS adalah:
  • Meningkatkan semua produktivitas sistem pengguna transportasi
  • Meningkatkan keselamatan dalam transportasi
  • Meningkatkan efisiensi system dalam transportasi
  • Meningkatkan mobilitas dan aksesibilitas transportasi
  • Meningkatkan antar moda koneksi transportasi
  • Mempromosikan tanggung jawab di lingkungan dan menghemat penggunaan energy
Manfaat Teknologi Informasi di Bidang Transportasi
  1. Transportasi Darat
  • Pengaturan lalu lintas kereta menggunakan sistem komputer untuk menentukan jalur yang harus dilalui.
  • Traffic Light menggunakan sistem komputer untuk membantu mengatur lalu lintas di jalan raya.
       2.  Transportasi Laut
  • Kapal dikendalikan oleh mesin yang menggunakan sistem komputer.
  • Sistem Navigasi di dalam kapal membantu mengarahkan jalannya kapal
       3.  Transportasi Udara
  • Sistem komputer yang ada di ruang pilot digunakan untuk mengendalikan pesawat
       Berbagai jenis teknologi digunakan untuk menciptakan sistem transportasi cerdas ini, antara lain : komunikasi nirkabel, teknologi komputasi, floating car data/floating cellular datasensing technologyinductive loop detectionvideo vehicle detectionBluetooth detection.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar