Kamis, 23 Februari 2017

MACAM MACAM PERANGKAT LUNAK APLIKASI PENGOLAHAN KATA

Pro.Co.Id – Perangkat pengolahan kata merupakan perangkat lunak aplikasi yang dibuat untuk digunakan sebagai merida perangka t yang berfungi untuk mengolah kata, seperti untuk membuat dokumen, surat, laporan, buku, buletin, majalah, poster dan macam contoh lainnya.
Meskipun disebut sebagai perangkat yang digunakna untuk mengolah kata, pada umumnya perangkat pengolahan kata juga dilengkapi dengan kemampuan untuk menyertakan gambar, grafik tabel atau semacamnya.
Aplikasi pengolahan kata yang sangat familiar untuk pengguna komputer mungkin hanya Microsoft Word. Namun, ternyata ada banyak aplikasi lain yang berfungsi sebagai aplikasi pengolahan kata. Dari masing-masing aplikasi pengolahan kata tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa aplikasi pengolahan kata yang digunakan secara luas oleh penggunanya dalah Lotus World, Wondperfect, StarOffice Writter, OpenOffice Writer dan Microsoft Word.
1. Microsoft Word
word
Microsoft word merupakan program pengolah kata yang paling banyak digunakan oleh semua orang, Microsoft Word mempunyai kemampuan yang sangat bagus dalam membuat berbagai jenis dokumen mulai dari buku, buku memo, surat, berbagai jenis dokumen-dokumen dan lainnya.Selain itu Microsoft Word dapat digunakan dengan cara mudah dengan kata lain “user friendly” Karena Microsoft Word dilengkapi dengan tampilan berupa grafis yang dilengkapi dengan tombol-tombol dan menu menu yang membuat kita bekerja dengan sangat mudah.
2. Lotus Word Pro 
word pro
Lotus word pro merupakan aplikasi untuk pengolahan kata yang dikeluarkan oleh IBM, apikasi ini dikeluarkan berbarengan dengan aplikasi office lainnya yang dikenla dengan naman Lotus smartsuite. Kelebihan yang dimiliki oleh Lotus Word Pro adalah kemampuannya untuk mempertukarkan file file dokumen dengan Microsoft Word, Lotus word pro juga dapat membuka file file microsoft word aplikasi pengolahan kata lainnya. Word Pro dilengkapi dengan fasilitas Helpfull Menu Finder yang membantu pengguna untuk menemukan seluruh perintah yang sesuai dengan perintah wordperfect.
3. Corel WordPerfect
word perfect
Aplikasi pengolahan kata lainnya yaitu wordperfect, yang merupakan aplikasi program yang dapat dijalankan dikomputer dengan sistem operasi windows. Wordperfect versi terakhir yaitu perfect office X3 yang dapat dijalankan pada sistem operasi windows xp, windows 2008, windows 98. Namun terdpat kekurangan pada wordperfect yaitu perfect office 3 membutuhkan spesifikasi hardware yang cukup tinggi yaitu prosesor Pentium 3 atau sederajat dengan memori 128 MB. Wordperfect office X3 memiliki kemampuan untuk membaca file file yang dikerjakan pada jenis aplikasi pengolahan kata lain, seperti pada aplikasi microsoft word, microsoft excel dan microsoft powerpoint.
4. Star Office Writter
star office
Star office writer memiliki kesaman dengan microsoft word, yang merupakan aplikasi perangkat lunak yang bersifat multiplatform, yaitu aplikasi dapat dijalankan diberbagai macam sistem operasi baik linux, windows, unix, solaris dan sistem operasi lainnya.
Perbedaan yang mendasar antara Starr Office writter dengan Microsoft office yaitu terletak pada file ekstensinya. Jika pada Ms.word menggunakan file ekstensi *doc, pada Star Office Writter meenggunakan file ektensi *odt. Namun jenis file ektensi *odt masih dapat dirubah menjadi file ektensi *doc.
5. Open Office
open office
Hampir sama dengan Ms.Word. Bedanya Open Office dikembangkan dengan lisensi GPL (General Public Licensi) , sehingga dapat didistribusikan secara bebas. Open Office dilengkapi fitur bawaan “export as PDF”, sehingga file yang telah kita ketik bisa diubah langsung ke PDF tanpa repot-repot menginstall Adobe Acrobat.
6. Kword
k word
KWord memiliki kesamaan dengan Open Office dan Abi Word, yakni sama-sama berlisensi GPL. Aplikasi ini dikembangkan oleh KDE (K Desktop Environment) yang merupakan lingkup desktop yang sering digunakan dalam sistem operasi berbasis Linux. Program KWord dapat berjalan di OS Windows, Linux dan MC.OS.
7. Atlantis Word Processor
atlantis word
AtlantIs Word Processor memiliki kesamaan tampilan dengan Microsoft Word. Aplikasi ini mendukung file ekstensi, Document (*doc), Rich Text Format (RTF), Encrypted Document  (COD), dan Standart Text (*txt)
8. Word Star
word star
WordStar adalah sebuah aplikasi pengolah kata, dipublikasikan oleh MicroPro International, Software ini sempat populer pada awal 1980-an. Bahkan Wordstar hampir sudah bisa dikatakan dapat menggantikan yang namanya Mesin Ketik kala itu. Saat ini Word Star sudah tidak digunakan lagi. Sebab Word Star tidak memiliki menu-menu yang memadai. Oleh karena itu semua perintah-perintah di Word Star harus dihapal luar kepala.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar