Kamis, 23 Februari 2017

Mengenal berbagai jenis Operator Excel

Perangkat Lunak Pengolah Angka
A. Pengertian.

Perangkat aplikasi pengolah angka adalah program yang difungsikan untuk mengolah data berupa angka. Kemampuan aplikasi ini, antara lain: pembuatan tabel data, pengolahan data dengan melibatkan penggunaan rumus, grafik, database, dan Iain-Iain. Dalam hal ini, angka yang sering muncul di bidang bisnis, ilmiah, perencanaan, pembuatan statistik, pembuatan lembar kerja, pengelolaan angka untuk perhitungan sebuah data (basis data) dan grafik.


B. Macam-macam Perangkat Lunak Pengolah Angka

1. MS Excel (Microsoft Office),
2. Lotus 1-2-3 (Lotus SmartSuite),
3. Quatro Pro (WordPerfect Office),
4. Applixware Spreadsheet (Applixware),
5. StarCalc (StarOffice),
6. KSpread (KOffice),
7. Gnumeric (Gnome Office),
8. Siag (Siag Office).
Selain itu ada beberapa program spreadsheet yang berdiri sendiri atau tidak masuk ke dalam kelompok suatu aplikasi perkantoran, misalnya :
1. abs,
2. Xxl,
3. Abacus,
4. Maxwell’s Lemur,
5. GNU Oleo, sc (spreadsheet calculator)

C. Fungsi program aplikasi pengelola angka dalam kehidupan sehari-hari 
- untuk melakukan pengolahan angka secara lebih cepat
- untuk mengkalkulasikan sebuah data
- membantu kita dalam perhitungan data
- memudahkan untuk meyelesaikan tugas-tugas yang berbentuk angka
- Pembuatan grafik
- Pengolah data statistic
- Keyboard shorcut untuk mempercepat penggunaan Excel
D. Perangkat Lunak Pengolah Angka.

1.Kspread
KSpread merupakan aplikasi pengolah angka (Spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform. Open Source artinya kita diperbolehkan untuk mengubah kode program untuk menambah fitur-fitur pada program. Multiplatform artinya dapat dijalankan di berbagai sistem operasi.


2.StarOffice Calc
StarOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform. StarOffice Calc mempunyai kemampuan untuk mengenali dan mengklarifikasi data yang ditempatkan di lembaran kerja dan membantu penggunanya untuk membuat grafik dari data tersebut.

3.OpenOffice Calc
OpenOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat open source dan multiplatform. OpenOffice Calc mempunyai tampilan jendela yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar serta didesain agar mudah dignakan.


4.Gnumeric
Gnumeric adalah aplikasi pengolah angka yang merupakan keluarga dari GNOME Office dan bersifat open source serta multiplatform. Gnumeric merupakan suatu aplikasi pengolah angka kualitas tinggi yang dikembangkan dalam proyek GNOME Office.


5.Abacus
Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Aplikasi ini awanya dikembangkan sebagai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal.

6.WingZ
WingZ adalah program aplikasi pengolah angkayang bersifat multiplatform dan freeware meski dibatasi hanya untuk penggunaan non komersial dan tidak untuk dijual kembali.
WingZ bukan hanya sekedar aplikasi pengolah angka biasa. WingZ adalah aplikasi engolah angka yang dilengkapi dengan perangkat alat bantu untuk menganalisis data dinamis dengan fungsi-fungsi lengkap dalam bidang statistik, rekayasa, dan keuangan serta dengan adanya ketersediaan matriks lembaran kerja multiplayer.

7.XESS
XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS dan bersifat multiplatform. XESS dikeluarkan dalam 2 versi, yaitu versi enterprise yang dibuat untuk peggunaan ditingkat perusahaan dan versi Lite yang ditujukan untuk pengguna perorangan. Untuk pengguna ditingkat enterprise, XESS dikeluarkan dengan 3 macam pilihan. Yaitu XESS yang dilengkapi dengan fungsi-fungsi standar serta kompatibel dengan Lotus dan Excel.XessPlus yang dilengkapi dengan kemampuan menggunakan Micro Add-Ins, dan XessSDK yang dilengkapi dengan kemampuan untuk melakukan pemrograman.


8.Xxl
Xxl adalah aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Universitas Nice dan dapat djialankan dalam komputer yang menggunakan sistem operasi Unix.
Xxl mempunyai tampilan GUI yang sederhana dan mudah digunakan. GUI juga dilengkapi dengan fungsi-fungsi kompleks yang tdak ada di alikasi pengolah angka lain pada umumnya. Karena fungsi-fungsi tersebut memang jarang digunakan oleh pengguna umum.


9.Lotus 1-2-3
Lotus 1-2-3 merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh IBM dan dapat dijalankan dalam komputer yang menggunakan sistem operasi Windows.
Lotus 1-2-3 mempunyai kemampuan untuk mempertukarkan dokumen dengan aplikasi lain seperti Excel dan merupakan aplikasi pengolah angka yang paling tua. Aplikasi pengolah angka yang dibuat belakangan didesain agar kompartibel dengan dokumen yang dihasilkan oleh Lotus 1-2-3.

10.Microsoft Excel
Microsoft Excel adalaha aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft, perusahaan perangkat lunak terbesar dunia. Microsoft Excel hanya dapat dijalankan di sistem operasi Windows dan tidak pada sistem operasi lain.
Excel mempunyai tampilan yang dilengkapi dengan menu-menu dan tombol-tombol toolbar yang memudahkan penggunanya menjalankan perintah yang diinginkannya.
Jendela Excel juga dilengkapi dengan Ttask Pane yang memungkinkan pengguna mencari bantuan dari Help Excel maupun bantuan secara Online, semua ini membuat excel merupakan aplikasi yang mudah digunakan.
Excel merupakan aplikasi pengolah angka yang paling banyak digunakan. Oleh karena itu, aplikasi-aplikasi lain dibangun agar dapat kompartibel dengan dokumen excel.

 11. Quatro Pro (WordPerfect Office)
Quattro Pro adalah program spreadsheet yang dikembangkan oleh Borland dan sekarang dijual oleh Corel, paling sering sebagai bagian dari Corel WordPerfect Office suite.
Secara historis, Pro Quattro digunakan perintah keyboard dekat dengan Lotus 1-2-3. Hal ini umumnya mengatakan telah menjadi program pertama untuk menggunakan lembar tab. Sebenarnya, Boeing Calc memiliki lembar tab sebelumnya. [1] [2] Saat berjalan di bawah sistem operasi Windows. Selama bertahun-tahun Quattro Pro memiliki keunggulan komparatif, dalam hal baris maksimum dan batas kolom, (memungkinkan ukuran lembar kerja maksimum satu juta baris dengan 18.276 kolom). Ini menghindari baris 65.536 dengan 256 keterbatasan kolom spreadsheet melekat pada Microsoft Excel, (sebelum Excel 2007). Bahkan dengan keuntungan maksimum baris, Quattro Pro telah menjadi kedua jauh ke Excel, dalam hal jumlah penjualan, sejak sekitar tahun 1996 hingga saat ini.
Ketika versi 1.0 adalah dalam pembangunan, itu nama kode “Buddha” karena itu dimaksudkan untuk “menganggap posisi Lotus”, # 1 di pasar. Ketika produk diluncurkan pada tahun 1988, nama aslinya adalah Quattro (kata Italia untuk “empat”, plesetan menjadi selangkah lebih maju dari “1-2-3″). Borland berganti nama menjadi Pro Quattro tahun 1990 rilis.
Ekstensi file yang umum dari file Quattro Pro spreadsheet ini. Qpw. Versi yang lebih lama dari Pro Quattro digunakan juga ekstensi file berikut:. Wb3, WB2, wb1, wq2, wq1 [3]


12. Applixware Spreadsheet (Applixware)
Applixware adalah suite aplikasi modular disunting oleh Vistasource, Inc
Applixware awalnya diciptakan oleh APPLIX, Inc.
Alis
Kantor pertama APPLIX yang suite, diperkenalkan pada tahun 1986, disebut Alis, dan dipasarkan dengan Alice in Wonderland item promosi bertema. Salah satu contohnya adalah mug yang menggambarkan adegan pesta teh dari buku, dengan Cheshire Cat yang menghilang ketika mug dipenuhi dengan minuman panas.
Alis yang tersedia untuk workstation unix dari Digital Equipment Corporation, Sun Microsystems, dan lain-lain. Dua lisensi situs yang dijual untuk sistem operasi VMS Digital, satu untuk Exxon dan satu ke broker di New York City.
Selain menyediakan lingkungan office suite grafis dengan sejumlah modul termasuk fungsi pengolah kata, sangat maju untuk waktu, Alis berbeda karena bahasa scripting yang sangat kuat yang disebut “ELF”, yang mampu, misalnya, membaca data spreadsheet , melakukan perhitungan di atasnya, dan penggabungan hasil ke dalam dokumen teks.
Aster * x dan Applixware
Proyek utama berikutnya Applixware yang disebut Aster * x, namun kemudian diganti untuk Applixware untuk menghindari kebingungan dengan Asterix pahlawan buku komik. Selama pertengahan 1990-an, Applixware adalah salah satu dari sejumlah kecil pengolah kata WYSIWYG tersedia untuk sistem unix. Pesaing termasuk produk dari Software Island dan perangkat lunak berpemilik dari perusahaan perangkat keras komputer.
Pada akhir 1990-an, Linux mulai muncul sebagai sistem operasi desktop, dan Applixware adalah porting ke Linux, menjadi office suite grafis pertama untuk platform. Penjualan diperluas ke titik di mana Applixware tersedia di seluruh Amerika Serikat sebagai dibungkus plastik di rak-rak ritel software di toko-toko seperti CompUSA dan Microcenter.
Pada tahun 1999, Sun Microsystems membeli produk pesaing, StarOffice, dan mengubahnya menjadi suite OpenOffice perangkat lunak open source. Yang menghancurkan pasar untuk perangkat lunak bersaing, dan penjualan Applixware menurun.
Setelah OpenOffice
APPLIX Inc mulai mencari pasar perangkat lunak lain, memanfaatkan kekuatan mesin scripting dan arsitektur fleksibel untuk memperluas ke pasar perangkat lunak bisnis intelijen seperti OLAP. Applixware sering digunakan dalam dunia industri sebagai sarana untuk mengembangkan aplikasi skala besar Unix dan Linux, dan pengeleman bersama-sama aplikasi lain.
Unit Applixware perusahaan ini berganti nama Vistasource, Inc dan dijual kepada mitra Parallax Capital pada tahun 2001.
Vistasource sekarang menawarkan versi terbatas bebas tersedia untuk pengguna rumahan di Linux.


 13.Siag (Siag Office)
Siag adalah, perangkat lunak perkantoran paket terintegrasi gratis untuk Unix-seperti sistem operasi. Ini terdiri dari Siag spreadsheet (“Skema Dalam Grid A”), prosesor Penulis kata Menyedihkan (PW), program animasi Animator Egon, XedPlus teks editor, yang Xfiler file manager dan GVU previewer [3] Hal ini diketahui. menjadi sangat ringan dan karenanya untuk berjalan di sangat tua (seperti i486, 16MB sistem) sistem cukup baik. Karena itu tetap ringan, perangkat lunak tidak memiliki banyak fitur suite kantor seperti LibreOffice, OpenOffice.org atau Microsoft Office. Siag Office didistribusikan di bawah ketentuan GNU General Public License.
Versi 3.6.0 dirilis pada tahun 2003 dan versi terbaru 3.6.1 dirilis pada tahun 2006. [1] [2]
Hal ini termasuk dalam distribusi Linux Sial Small Linux [4] [5].
Komponen Siag
Siag adalah spreadsheet berdasarkan X Window System dan bahasa pemrograman Scheme (khusus menggunakan rumah-tumbuh SIOD varian (“Skema in One defun”)). Program ini telah ada di beberapa inkarnasi: berbasis teks kutukan untuk SunOS, berbasis teks hardcoded VT52 untuk Atari TOS, GEM-berbasis untuk Atari, Turbo C untuk DOS, Xlib berbasis Linux untuk dan sekarang Xt-berbasis untuk POSIX-compliant sistem .
Mendukung impor CSV, Lotus 1-2-3 (. Wk1), Scheme Code (. Scm), ABScript (. Abs), Siag (. Siag) format asli dan file parsial juga XLS (sangat dukungan terbatas) dan OpenOffice. org XML (. sxc). Hal ini dapat mengekspor file ke CSV, TXT, Postscript (. Ps), HTML, Lotus 1-2-3 (. Wk1), Troff tabel (. Tbl), Latex tabel (. Tex), PDF dan format Siag asli.
PW
PW (Penulis menyedihkan) adalah X-berbasis pengolah kata untuk Unix. Dukungan untuk RTF (Rich Text Format) memungkinkan dokumen yang akan dipertukarkan antara Writer Menyedihkan dan Windows warisan aplikasi. Konverter eksternal seperti Caolan McNamara WV dapat digunakan untuk membaca hampir semua format, termasuk Microsoft Word. Halaman HTML dapat dimuat dan disimpan, sehingga memungkinkan untuk segera mempublikasikan dokumen PW di web.
Egon Animator
Animator Egon adalah X-animasi berbasis pengembangan alat untuk Unix. Idenya adalah bahwa “objek” (persegi panjang, garis, pixmaps dan sebagainya) yang ditambahkan ke “panggung” di mana mereka kemudian dibuat untuk melakukan dengan mengatakan kepada mereka di mana mereka seharusnya dan kapan. Hal ini juga dapat mengedit file MagicPoint.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar