Senin, 13 Februari 2017

Sejarah Perkembangan Aplikasi Komputer

Rischa Putri Ariyandani
12416241057
·         Artikel
Sejarah Perkembangan Aplikasi Komputer
            Sebelum kita membicarakan tentang sejarah aplikasi komputer, baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan aplikasi komputer serta apa fungsinya. Aplikasi komputer merupakan program komputer yang ditulis dalam suatu bahasa pemrograman yang di susun secara logis dan berbentuk kode yang hanya dapat di mengerti oleh komputer. Fungsi aplikasi komputer itu sendiri adalah untuk menyelesaikan masalah sesuai kebutuhan user atau dengan kata lain melakukan pekerjaan sesuai perintah user. Sebagai contoh, program perbankan yang digunakan untuk mengetahui rekening bulanan nasabah bank tersebut. Aplikasi komputer dalam mayarakat dianggap merupakan salah satu tipe dari software komputer.
            Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman serta berkembangnya peradaban manusia, aplikasi komputer secara terus-menerus mengalami peningkatan dalam perkembangannya. Berdasarkan perkembangan aplikasi komputer itu sendiri, aplikasi komputer dibagi dalam beberapa era antara lain :
1.      Era Pioneer
Pada Era Pioneer ini bentuk aplikasi  komputer pada awalnya adalah sambungan-sambungan kabel ke antar bagian dalam komputer. Cara dalam mengakses komputer adalah menggunakan punched card yaitu kartu yang di lubangi. Penggunaan komputer saat itu masih dilakukan secara langsung, sebuah program digunakan untuk sebuah mesin tertentu dan untuk tujuan tertentu. Pada era ini, aplikasi komputer atau software komputer masih merupakan satu-kesatuan dengan hardware komputer.
2.      Era Stabil
Pada era ini, aplikasi komputer sudah mengalami kemajuan yang cukup pesat. Baris-baris perintah aplikasi komputer yang dijalankan oleh komputer bukan lagi satu-satu, tapi sudah dapat melakukan banyak proses secara bersamaan atau multi tasking. Aplikasi komputer pada era ini juga mampu menyelesaikan banyak pengguna (multi user) dan secara cepat/langsung (real time). Pada era ini jugalah mulai di kenal sistem basis data yang mampu memisahkan antara program dan data.
3.      Era Mikro
Pada era mikro ini aplikasi komputer dapat dibedakan menjadi beberapa bagian yaitu aplikasi sistem (WindowsLinuxMachintos,dll), Software Aplikasi (Ms.OfficeOpenOffice, dll) dan Languange Software/Bahasa Pemograman (Assembler, Visual Basic, Delphi, dll)
4.      Era Modern
Era sekarang termasuk dalam era modern yang di dalamnya berkembang pesat aplikasi komputer yang juga bisa diaplikasikan ke dalam perangkat lain seperti Android, Symbian, dll. Kemampuan yang ada pada aplikasi juga semakin meningkat, selain menangani masalah teknis, aplikasi juga dapat mengenal suara dan gambar.
Aplikasi komputer yang ada saat ini, seperti yang dijelaskan di atas, memang mengalami beberapa era yang menjadikannya semakin baik dari era ke era. Menurut saya, perkembangan tersebut akan terus terjadi seiring dengan perkemangan peradaban manusia yang notabene terus melakukan inovasi. Seperti jenis-jenis aplikasi komputer yang dari har ke hari semakin bertambah. Jenis-jenis aplikasi komputer yang ada di dunia antara lain :
a.       Aplikasi Grafis
Aplikasi grafis Merupakan suatu program untuk mengolah data yang berformat gambar baik dengan membuat gambar baru maupun mengubah gambar yang sudah dibuat sebelumnya. Software aplikasi Grafis dibagi menjadi tiga (3) bagian yaitu :
1. Aplikasi grafis berbasis vector, contoh: Adobe Illustrator, Corel Draw, Macromedia Freehand, Micrografxdesigne.
2. Aplikasi grafis berbasis pixel/BITMAP, contoh : Adobe Photoshop, Macromedia Fireworks, Corel Photopaint.
3. Aplikasi grafis berbasis tata letak, contoh : Adobe FrameMaker, Adobe In Design, Adobe PageMaker, Corel Ventura, Microsoft Publisher, Quark Xpress.
b.      Aplikasi Web Browser
Merupakan bagian dari internet sebagai komunitas jaringan komputer yang memberikan pelayanan http (world wide web). Dengan demikian, definisi teknis dari world wide web adalah semua sumber daya dan semua pengguna di intenet yang menggunakan HTTP (Hypertext Transfer Protocol). WWW adalah aplikasi yang paling menarik di Internet dan seperti email, aplikasi ini sangat penting dan banyak digunakan. Aplikasi web browser yang sering digunakan antara lain, Opera, Internet Explorer, Safari, Firefox dan Chrome.
c.       Animasi
Merupakan bentuk seni yang tampak secara spontan menimbulkan gerakan kehidupan pada suatu obyek. Sebenarnya terdapat beberapa fungsi yang berbeda untuk menghasilkan animasi berbasis komputer dan satu daripadanya ialah animasi tiga dimensi (3D). Fungsi lain untuk mencipta animasi komputer ialah dengan menggunakan alat pengecatan komputer yang standar untuk mengecat frame-frame tunggal sebelum dilakukan proses penggabungan. Ini kemudian disimpan sebagai sebuah file gambar (movie).
d.      Aplikasi Pendidikan
·         Computer Assisted Instruction (CAI)
Komputer secara langsung digunakan dalam proses belajar, sebagai pengganti pengajar ataupun buku. Beberapa aplikasi CAI antara lain, Drill and Practice, Tutorial, Simulasi.
·         Computer Managed Instruction (CMI)
Para pengajar memanfaatkan komputer untuk merencanakan kuliah, disesuaikan dengan kondisi para siswa, yang terdiri dari acara belajar dengan bantuan komputer, membaca, dan ujian.
·         Computer Assisted Testing (CAT)
Komputer digunakan sebagai media ujian untuk menggali kemampuan siswa dengan cara-cara tanya jawab secara aktif. Bentuknya bermacam-macam, dari mulai yang sederhana dimana komputer (biasanya melalui layar peraga) hingga bentuk yang lebih maju.
e.        Aplikasi Multimedia, contoh : Windows Media Player, Winamp, PowerDVD, Klite, VLC Media Player,
f.       Aplikasi Programming, contoh : Visual Studio, Delphi, C++ Builder.
Jenis aplikasi yang disebutkan di atas sangat berguna bagi kita sebagai calon guru di masa yang akan datang yang mungkin merupakan masa modern dan mengharuskan kita beradaptasi. Sebenarnya ada beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket kadang disebut sebagai suatu paket atau suite aplikasi (application suite). Contohnya adalah Microsoft Office dan OpenOffice.org yang menggabungkan suatu aplikasi pengolah kata, lembar kerja, serta beberapa aplikasi lainnya. Seperti yang kita tahu, dalam Microsoft Office terdapat Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, dll. Aplikasi-aplikasi tersebut sangat kita butuhkan dipekerjaan kita nantinya. Jadi, perlulah kita mempelajari aplikasi-aplikasi komputer guna menunjang karir kita esok hari.
·         Aplikasi yang dikuasai
Microsoft Word, Microsoft Excel, Microsoft Power Point, Firefox, Opera, Chrome, Internet Explorer, Winamp, Windows Media Player, Corel Draw (sedikit), VLC Media Player, Media Player Classic, Note Pad, GOM media Player, Photoscape

Tidak ada komentar:

Posting Komentar