Kamis, 23 Februari 2017

Mengenal berbagai jenis Operator Excel


Excel mempunyai empat jenis operasi yang berbeda, yaitu aritmatika, perbandingan, penggabungan teks, dan acuan. Posting kali ini akan membahas satu per satu operator pada masing masing jenis operasi tersebut beserta fungsi masing- masing operator.


Operator Aritmatika
Operator aritmatika digunakan untuk membentuk operasi- operasi matematika dasar seperti penambahan(+), pengurangan(-), pembagian(:), perkalian(*), eksponensial atau perpangkatan(^), persentase(%) dan penggabungan(&) bilangan.

Operator Perbandingan
Operator perbandingan digunakan untuk membandingkan dua nilai. Hasil perbandingan tersebut berupa sebuah nilai logika, yaitu true atau false. Bila perbandingan bernilai benar, maka hasil yang ditampilkan adalah true dan bila sebaliknya, maka hasil yang ditampilkan bernilai false. Berikut ini operasi dan operator:
~ sama dengan "=".
~ lebih besar dari ">".
~ lebih kecil dari "<". ~ tidak sama dengan "<>".
~ lebih besar atau sama dengan ">=".
~ lebih kecil atau sama dengan "<=".

Penggabungan teks
Penggabungan teks digunakan untuk menggabungkan dua data yang bertipe teks(string). Operator penggabungan teks memungkinkan kita menggabungkan dua teks dari dua kolom yang berbeda ke dalam satu kolom. Misalnya saja kita mempunyai data nama depan pada kolom A dan data nama belakang pada kolom B, kemudian ingin menggabungkan kedalam data nama lengkap di kolom C.
Operator penggabungan teks menggunakan simbol ampersand(&). Bila digunakan dalam sebuah rumus, misalkan kita ingin menggabung teks di kolom A dengan teks di kolom B, maka rumus penggabungan tersebut akan menjadi seperti ini =A1&B1

Setelah anda mempraktekkan. Pasti anda bertanya-tanya , kenapa tulisannya kox aneh? Jawabannya karena itu hasil gabungan. Dan pasti anda bertanya "bagaimana cara menyisipkan spasi di antara 2 kata tersebut?" jawabnya gampang caranya
1. Menambahkan spasi di akhir kata pertama.
2. Spasi dapat juga ditambahkan di antara kedua kata yang digabung dengan cara seperti ini.
=A1&" "&B1
Note: diantara tanda kutip ada spasi.

Operator Acuan
Operator acuan berfungsi untuk menggabungkan selang sel yang terlibat dalam perhitungan. Excel mempunyai beberapa operator acuan, yaitu titik dua(:) , koma(,) dan spasi. Berikut penjelasannya:
~ titik dua (:), operator jangkauan, menghasilkan satu acuan dari semua sel di antara 2 acuan termasuk kedua acuan tersebut. Contoh A2:A12
~ Koma (,) ,operator penyatuan, menggabungkan banyak acuan- acuan menjadi satu acuan. Contoh =sum(B5:B15,D5:D15)
~ Spasi , operator perpotongan, mengacu kepada sel yang menjadi perpotongan antara dua acuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar