Senin, 13 Februari 2017

10 Mesin Pencari Paling Terkenal

Internet adalah pintu dunia dan dengan adanya keberadaan mesin pencari maka dapat digambarkan lebih jauh, Internet adalah sebuah pintu ke informasi raksasa yang selalu terbuka. Itulah sebabnya mengapa sebagai search engine nama Google dapat menjadi begitu besar, tapi selain Google mesin pencari apa saja yang Anda tahu? Berikut 10 mesin pencari paling terkenal di dunia.

10. Dogpile

Dogpile.com adalah salah satu mesin pencari paling popular di Internet
Bermula di tahun 1996, Dogpile pernah menjadi salah satu mesin pencari popular di Internet sebelum kemunculan Google. Sayangnya begitu Si Raja Mesin Pencari muncul, dogpile harus mengalami kemerosotan dan akhirnya diakuisisi oleh Go2net.  Sekarang ini Dogpile dikatakan kembali dengan indexing yang lebih baik dimana ia menggabungkan berbagai pencarian dari mesin pencari dunia yang akan Anda lihat di daftar ini. Seperti Google, Yahoo!, Yandex, Ask, Bing, dan banyak lainnya.

9. Lycos

Lycos adalah salah satu mesin pencari paling popular di Internet
Lycos dapat dibilang adalah pemain lama di dunia mesin pencari Internet, yakni sejak tahunn 1994. Walaupun pada awalnya mereka menggunakan crawler (penelusuran web otomatis) sendiri, di awal tahun 1999 crawler mereka diberhentikan dan menggunakan hasil dari mesin pencari serupa lainnya.
Dengan kemunculan Google dan banyak mesin pencari lainnya, Lycos sekarang mengubah fokus mereka dari yang tadinya hanya sekedar mesin pencari menjadi jaringan komunitas dan situs sosial yang juga tidak melupakan produk awal mereka, yaitu mesin pencari Internet. Hal itu menyebabkan mereka mengakuisis berbagai produk mesin pencari seperti hotbot.com.

8. Blekko

Blekko adalah mesin pencari alternatif yang juga tidak kalah terkenalnya dengan google
Dirilis untuk publik di tahun 2010, Blekko dengan cepat langsung menjadi mesin pencari unik yang menggunakan engine "slashtag." Engine slashatag sendiri adalah sebuah engine atau mesin pencarian yang memperbolehkan penggunanya untuk melakukan pencarian dalam grup yang diinginkan. Lebih dalam lagi pencarian dapat dilakukan dalam subset website yang telah ditentukan.
Tujuan dari Blekko adalah menciptakan hasil pencarian yang melebihi hasil pencarian Google dengan memaksimalkan pencarian dari 3 miliar halaman web dan tidak mengikutseratakan situs yang dianggap adalah situs dengan konten serupa.

7. AOL

Aol sebagai pemain lama dalam mesin pencari juga masih adalah mesin pencari yang popular
Jika Anda telah berada di dunia Internet sejak lama nama AOL pastilah sudah tidak asing, AOL yang sebelumnya dikenal sebagai America Online adalah pemain lama dalam dunia Internet. Sebelum kemunculan Google, ia pernah menjadi situs web paling popular di Internet mengalahkan Yahoo! karena layanan email yang disediakannya. Sekarang ini, pencarian Yahoo menggunakan direktori yang berasal dari mesin pencari Google dengan salah satu kelebihan adalah terkadang pencarian mereka akan menyediakan halaman yang hanya tersedia dalam layanan AOL.

6. Yandex

Yandex.com buatan perusahaan Rusia adalah salah satu mesin pencari yang popular
Walaupun Yandex.com baru saja dirilis secara beta di tahun 2010 namun sebenarnya Yandex sendiri sebagai perusahaan Internet Rusia telah menjadi raja di negaranya dalam hal mesin pencari. Hal itu dicapai mereka dengan Yandex.ru yang adalah mesin pencari nomor 1 di Rusia.
Salah satu alasan mengapa mesin pencari ini dapat popular adalah karena ia menawarkan kesempatan bagi orang-orang untuk melakukan pencarian halaman dalam bahasa Inggris, Perancis, Jerman, dan bahasa Eropa lainnya. Dalam update terakhir mereka, mereka menyatakan bahwa tidak akan ada lagi klik yang tidak berguna dan mereka akan menawarkan mesin pencari yang sekedar mencari namun juga menyelesaikan masalah.

5. DuckDuckGo

DuckDuckGo atau disingkat DDG adalah salah satu mesin pencari paling terkenal di dunia
Dibangun oleh Gabriel Weinberg di tahun 2008, DuckDuckGo yang terkadang disingkat menjadi DDG dapat berada di urutan teratas mesin pencari popular dunia. Kelebihan utama yang mereka tekankan adalah mereka sangat menghargai privasi pengguna mereka. Terlepas dari hal ini, berbagai hasil pencarian mereka didapatkan dari berbagai sumber ditambah dengan crawler web mereka sendiri yang dinamakan DuckDuckBot.
Secara sekilas, DuckDuckGo, tepatnya DuckDuckGo.com adalah mesin pencari yang sangat serupa dengan Google. Namun ada alasan mengapa mesin pencari didirikan di tahun 2008 dan relatif baru ini dapat berada di urutan teratas daftar mesin pencari dunia. Beberapa alasannya adalah iklan yang jauh lebih sedikit dari Google, pencarian informasi yang terkadang jauh lebih baik dan kurangnya redundansi (pengulangan).

4. Ask

Ask adalah salah satu mesin pencari paling popular yang ada di dunia
Awalnya dikenal dengan nama Ask Jeeves, diciptakan di tahun 1996 dengan ide memperbolehkan penggunanya untuk mendapatkan jawaban dari segala pertanyaan yang mencakup bantuan untuk mmatematika, direktori, serta pertanyaan konversi. Jeeve sendiri adalah sebuah sebutan yang dapat diartikan sebagai pelayan pribadi gentleman atau valet.
Di akhir tahun 2010, menghadapi kompetisi yang sangat besar dari Google, Ask akhirnya secara resmi mengembalikan status mereka sebagai situs tanya jawab dan pencarian mereka menggunakan bantuan pihak ke-3. Ask.com juga terkadang dikenal sebagai malware yang akan ter-install besama program lainnya.

3. Yahoo!

Yahoo adalah salah satu contoh mesin pencari popular di Internet
Didirikan di tahun 1994 oleh David Filo dan Jerry Yang, pada awalnya Yahoo! adalah direktori situs web, yang kemudian di tahun 2002 menjadi mesin pencari tersendiri yang dapat melacak website lain secara otomatis. Sebelum kemunculan Google, Yahoo! adalah mesin pencari terbesar ke-2 di dunia setelah AOL. Hal ini sangatlah ironis, karena ide Google oleh Larry Page dan Sergey Brin pernah ditawarkan ke Yahoo!, sayangnya mereka menolak ide tersebut. Selagi Yahoo mengesampingkan pencarian dibandingkan dengan iklan, Google memanfaatkan hal tersebut dan menjadi rasa mesin pencari.
Seiring perkembangannya, Yahoo terus berkembang menjadi banyak hal: dimulai dari search engine (mesin pencari), tempat kumpulan berita (agregator berita), pusat belanja, pusat layanan email, direktori travel, horoskop, game dan banyak sekali lainnya. Itulah alasan mengapa Yahoo! dapat menjadi salah satu pilihan utama bagi para pengguna awam Internet. Di akhir tahun 2009, Yahoo! membasiskan mesin pencarian mereka ke Bing.

2. Bing

Bing adalah mesin pencari popular kedua di Internet
Diluncurkan di tahun 2009 oleh Microsoft, Bing adalah buah usaha Microsoft untuk menyingkirkan si raja mesin pencari Google. Walaupun secara resmi Bing baru diluncurkan di tahun 2009 namun keberadaan dari mesin pencari Microsoft memang telah ada sejak lama, hanya saja dengan nama yang berbeda, yaitu MSN search yang adalah kependekan dari Microsoft Network.
Di akhir tahun keluncurannya, Bing secara resmi menyatakan bahwa pencarian Yahoo! akan sudah ada di dalamnya dan Yahoo! juga akan menggunakan Bing sebagai basis pencarian mereka. Hal ini sangatlah mengejutkan melihat bahwa Yahoo! pada saat itu adalah mesin pencari terbesar ke-2 di dunia. Sekarang ini, Bing adlaah mesin pencari ke-2 paling popular sesudah Google.

1. Google

Inilah raja mesin pencari di Internet yakni Google
Inilah raja tak terbantahkan dari mesin pencari, bahkan pengguna paling awam dari Internet saja mungkin tahu apa itu Googling. Didirikan secara resmi di tahun 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin, Google sekarang telah menjadi mesin pencari nomor 1 di dunia. Walaupun hanya sekedar mesin pencari, dilansir dari Alexa, Google adalah website yang paling banyak dikunjungi di dunia.
Salah satu alasan mengapa mesin pencari Google dapat begitu diterima di kalangan dunia adalah karena pencariannya yang cepat, relevan, dan banyak sekali website yang terdaftar di mesin pencari ini. Di samping itu, fitur-fitur yang ditawarkan Google adalah salah satu alasan mengapa Google dapat menjadi begitu besar. Seperti pencarian gambar, peta, berita, dan banyak lainnya.
--
Selain ke-10 mesin pencari popular di atas sebenarnya masih ada mesin pencari popular lainnya, hanya saja mereka dikhususkan untuk negara mereka sendiri (hanya bahasa negara mereka). Seperti contohnya untuk di Cina ada Baidu dan Youdau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar